cara snorkling yang benar

snorkeling
Terumbu karang merupakan salah satu ekosistem yang paling mengagumkan di dunia dan snorkeling merupakan cara yang paling tepat untuk mengamatinya. Para pelaku snorkeling dan pengamat terumbu karang yang lain memegang peranan penting dalam membantu menjaga habitat yang rapuh ini. Ikuti panduan mudah berikut ini untuk menjadi pelaku snorkeling yang "ramah terumbu karang"




Langkah awal teknik dasar cara snorkeling pemula

Bernapaslah dengan hati-hati, tahan napas Anda dan tempatkan kepala Anda dibawah air, Arahkan kepala ke permukaan air, tiup kuat-kuat snorkel Anda dengan cepat untuk mengeluarkan air dalam tube snorkel, kuasai kontrol saluran udara ambil napas perlahan dan berhati-hati tanpa membiarkan air masuk ke mulut Anda hingga Anda memiliki cukup udara untuk meniup, Apabila airnya terlalu banyak, Anda perlu mengangkat kepala Anda keluar air dan bernapas dengan mengigit bagian mulut snorkel. Belajarlah menyelam. Setelah Anda menguasai cara membersihkan saluran udara, Anda bisa mencoba menyelam ke dalam air untuk melihat lebih dekat sesuatu yang menarik. Ambil napas dalam-dalam dan berenang ke bawah. Ketika Anda perlu bernapas, berenanglah ke permukaan, wajah tetap menghadap ke bawah air, dan bersihkan tube snorkel dengan cara yang sudah Anda latih.
Kenakan fin di kaki anda. Mengenakan fin akan menguatkan gerakan Anda dan Anda akan maju lebih kencang tanpa mengibaskan terlalu banyak air. Angkat tangan Anda ke samping badan agar bisa bergerak maju tanpa terseret dan panjangkan kaki hingga finnya mengarah ke belakang. Jaga posisi kaki Anda agar saling berdekatan. Tendang perlahan dan penuh tenaga menggunakan fin, dengan lutut sedikit ditekuk. Jaga agar gerakan fin halus dan rileks. Cobalah bergerak dengan pinggul untuk menggunakan otot paha dan hindari menedang dengan lutut karena akan menghabiskan energi Anda. Tendang lebih jauh ke bawah dan tidak terlalu ke atas dan lengkungkan punggung keatas. Teknik snorkeling untuk membuat Anda bisa maju ke depan adalah dengan kayuh ke bawah. Jaga fin di bawah air ketika menendang. Coba hindari membuat kibasan air, karena akan menakuti ikan dan bisa menganggu perenang di sekitar Anda. Mengambanglah bersama ombak pantai. Snorkeling baik dilakukan di atas air yang tenang, tetapi saat itu pun Anda harus belajar menyesuaikan gerakan pada naik turunya ombak. Berenanglah dengan kecepatan tetap untuk menjaga energi  Anda, karena sesi cara snorkeling yang benar bisa berlangsung berjam-jam.

snorkeling



Yang perlu menjadi perhatian saat kondisi didalam air adalah:
  1. Jangan menyentuh terumbu karang! Kontak seminim apapun dapat membahayakan mereka. Beberapa jenis karang bahkan dapat menyengat atau melukai Anda.
  2. Tentukan area masuk dan keluar dari air untuk menghindari Anda berjalan di atas terumbu karang
  3. Pertahankan jarak aman dengan terumbu karang, untuk menghindari kontak langsung.
  4. Perhatikan posisi kaki katak Anda setiap waktu dan jangan mengibas kepasir
  5. Pertahankan posisi tubuh Anda secara horizontal saat Anda berada dekat atau di atas terumbu karang
  6. Kuasai kemampuan berenang tanpa menggunakan tangan Anda.
  7. Bergeraklah dengan perlahan saat berada di dalam air. Bergeraklah dengan santai dan nikmati kegiatan snorkeling Anda.
  8. Penting untuk Anda ingat! Anda boleh melihat, tapi jangan menyentuh! Mahluk laut seperti terumbu karang dan yang lainnya sangat peka terhadap sentuhan dan bakteri yang terbawa oleh kita dari darat, maka jangan menyentuh atau memegang mahluk laut meskipun hendak memegang secara perlahan. Ada beberapa jenis karang yang dapat menusuk bahkan melukai Anda dan mahluk itu sendiri.
  9. Jangan mengaduk sedimen. Terumbu karang sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor lingkungan laut seperti tingkat kejernihann air, tingkat kejernihan air dipengaruhi oleh partikel tersuspensi antara lain akibat dari pelumpuran dan ini akan berpengaruh terhadap jumlah cahaya yang masuk ke dalam laut, sementara cahaya sangat diperlukan oleh zooxanthella yang fotosintetik dan hidup di dalam jaringan tubuh binatang pembentuk terumbu karang. Maka jangan biarkan terumbu karang mati karena proses pelumpuran karena sedimen dasar teraduk karena kegiatan menyelam atau snorkeling.
Hal yang anda butuhkan dalam melakukan cara snoorkling yang benar
  • Masker atau kacamata selam

masker snorkeling
Sewaktu mengenakan masker, penyelam bernapas dengan mulut. Masker dapat menjadi berembun atau kemasukan air bila penyelam memaksa untuk bernapas melalui hidung. Rambut penyelam juga tidak boleh terjepit di antara masker dan wajah supaya masker tidak kemasukan air. Masker selam adalah jendela kedap air yang melindungi sebagaian wajah, terutama mata dan hidung dari air. Bagian lensa dibuat dari kaca pengaman sementara kantong hidung serta kerangka masker dibuat dari silikon atau karet. Di bagian sisi masker terdapat tempat untuk memasang snorkel.

Masker tersedia dalam berbagai ukuran, termasuk untuk anak-anak dan wanita. Dibandingkan masker selam scuba, masker snorkeling umumnya berukuran lebih kecil agar kantong udara di dalam masker menjadi sekecil mungkin.

Penyelam harus memakai ukuran masker yang pas dengan wajah agar masker tidak kemasukan air. Ukuran masker yang pas bisa diperiksa tanpa perlu memasang tali pengikat di kepala. Masker diletakan di wajah, dan ditekan sambil menarik napas perlahan-lahan. Bila masker tidak jatuh maka ukuran masker sesuai dengan wajh pemakainya. Tekanan air membuat maasker menjadi kedap udara, sementara tali pengikat hanya menahan masker agar tidak terlepas.
  • Tube snorkel
Tube snorkel
Pelindung mulut dibuat dari silikone atau karet, dan terdiri dari penutup berbentuk lengkung, dan bagian untuk digigit. Ukuran pelindung mulut juga harus sesuai dengan ukuran mulut. Ketika menyelam di bawah air, udara di dalam snorkel keluar. dan air masuk ke dalam snorkel. Ketika sampai di permukaan, air dalam snorkel dikuras dengan cara menghembuskan udara keras-keras dari mulut.
Snorkel terdiri dari dua bagian: selang udara dan pelindung mulut. Selang dibuat dari plastik atau karet keras, dengan ukuran diameter sekitar 2 cm dan panjang sekitar 30 cm. Selang yang terlalu panjang membuat bernapas menjadi sulit, dan memperbesar kemungkinan penyelam menghisap kembali karbon dioksida yang tertahan di dalam selang.
  • Sepasang fin
fin snorkeling
Kaki katak terdiri dari dua jenis: tumit terbuka (open heel) dan kaki tertutup (full foot atau poket foot). Jenis kaki katak kaiki tertutup tersedia dalam berbagai ukuran seperti halnya ukuran sepatu. Dibandingkan kaki katak terbuka, jenis kaki katak tertutup memiliki ujung sirip yang lebih pendek. Ketika memakai kaki katak tumit terbuka, penyelam mengenakan sepatu bot dari bahan neoprena. Sepatu bot berfungsi sebagai pelindung kaki dari luka, dinginnya air, atau pencegah lecet. Kaki katak tumit terbuka hanya dibuat dalam beberapa ukuran: kecil, sedang, besar, dan ekstra besar. Ukuran kaki katak disesuaikan dengan kaki pemakainya dengan mengencangkan sabuk di bagian tumit.

Kaki katak adalah sepatu karet dengan sirip yang melebar di bagian ujung kaki. Snorkeling bisa saja dilakukan tanpa kaki katak, tapi alat ini bisa menambah daya dorong kaki manusia ketika berenang.
  • Baju renang atau baju selam untuk berenang di perairan dingin

baju snorkeling

  • Pelampung
baju pelampung
Baju pelampung merupakan perangkat yang dirancang untuk membantu pemakai, baik secara sadar atau di bawah sadar, untuk tetap mengapung dengan mulut dan hidung berada diatas permukaan air atau pada saat berada di dalam air. Perangkat yang dirancang dan di setujui oleh pihak yang berwenang dalam hal ini Biro klasifikasi Indonesia untuk digunakan oleh sipil dalam rekreasi berlayar, pelaut, kayak, kano, dll




  • Tabir surya
  • Air mineral + snack

lunch box
Menu 
Menu kali ini berupa nasi kuning, rebusan sayur-sayuran, ikan rebus, roti, buah, beberapa jenis salad, soft drink pilihan, dan air mineral.











P3k - first aid

first aid











Untuk mendapatkan pengalaman cara snorkeling yang baik

KURANGI KONTAK DENGAN ORGANISME LUAT
  1. Jangan mengambil benda baik hidup atau mati dari air kecuali sampah yang tidak menjadi tempat tinggal organisme.
  2. Jangan pernah mengejar, mengusik atau mencoba menaiki satwa laut apapun.
  3. Jangan pernah menyentuh memegang atau memberi makan satwa laut kecuali di bawah pengawasan ahlinya dan menikuti peraturan setempat. Memberi makan pada ikan laut akan mengakibatkan, merubah prilaku alamiah ikan dan akan terbiasa oleh waktu makan yang diberikan oleh orang di kapal atau dermaga. Akan menimbulkan kematian, karena nutrisi alamiah yang diperlukan diganti dengan makanan dari luar. Membahayakan penyelam, beberapa ikan karnivora akan terbiasa dan berani pada manusia. Akan menganggu keseimbangan rantai makanan terumbu karang, karena bisa menghilangkan musuh alami predator terumbu karang dan terumbu akan habis di mangsa oleh predator karang seperti (Crown of Thorns) 
  4. Hindari menggunakan sarung tangan di sekitar terumbu karang. Dengan menggunakan sarung tangan maka anda akan lebih merasa aman untuk menyentuh biota dibawah laut. Tanpa disadari akan mendorong anda untuk mendekati terumbu karang dan biota laut dengan bertumpu pada batu karang yang sebetulnya akan membahayakan anda. Disamping itu penggunaan sarung tangan juga akan mengkontaminasi terumbu karang yang Anda sentuh karena sarung tangan dapat membawa bakteri dari luar.
Lakukanlah kegiatan snorkeling ini di hari yang cerah. Apabila cuaca gelap dan mendung pemandangan dalam air tidak terlalu terlihat baik. Lakukan snorkeling di tengah hari yang cerah ketika air jernih tidak berlumpur. Sebaiknya tunda petualangan Anda apabila kondisi hujan di tempat lokasi karena badai cenderung mengakibatkan lumpur dan membuat air menjadi keruh.
Pilihlah spot atau tempat yang tepat. Anda bisa snorkeling di area yang airnya cukup tenang dengan kehidupan laut yang hidup dan jinak
Belajar mengenali ragam jenis ikan dan koral Anda akan mengubah waktu berenang Anda menjadi survei zoologi air.

Anda bisa menghubungi kami di :

Phone  : 081382729181 - 081511188896
pin       : 58332CB9
Email  : Progresifoutboundtraining@gmail.com
Jl.Cikopo selatan KM 2,5 Desa Gadog Megamendung, 16770
Bogor, Jawa Barat - Indonesia



1 komentar:

Agen Wisata Karimunjawa mengatakan...

OKeee Mencoba browsing mencari Info Paket Backpacker Karimunjawa yang menyediakan Paket Wisata Karimunjawa Murah daftar agen wisata karimunjawa resmi & terpercaya Daftar Agen Wisata dan mau nyari barang-barang funiture HD Furniture Jepara

Twitter Delicious Digg Stumbleupon Favorites More